Kamis, 17 Januari 2013



PETANI  KAB. GARUT KUNJUNGI KOTA TOMOHON
Pengolahan dan Budidaya  Aren jadi sasaran kunjungan

P
engolahan dan teknik budidaya Tanaman Aren di kota Tomohon memang menjadi daya tarik tersendiri sebagai objek pembelajaran dari berbagai  daerah di Indonesia. Buktinya Rabu, 16 Januari 2013 rombongan Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Unsur Dinas Perkebunan, kelompok Tani Aren dan kelompok pengolahan aren meninjau langsung pengolahan gula aren secara tradisional dan teknik budidaya di Kota Tomohon.
Sebelum menuju lokasi potensi aren,  rombongan berjumlah 18 personil  di terima di kantor Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Tomohon langsung berdialog dengan Kelompok Jabatan Fungsional BP4K Kota Tomohon. Ketua Kontingen Y. SOFYAN HAMIDIAN dari Dinas Perkebunan Kab. Garut mengawali dialog menyatakan bahwa tujuan kedatangan di Kota Tomohon karena kota Tomohon di kenal dengan potensi dan pengolahan aren serta teknik budidaya tanaman aren sehingga tertarik ingin belajar bagaimana penguatan kelembagaan petani aren,  Pengolahan dan Pemasaran produksi serta Teknik budidaya Tanaman aren. Dialog di fasilitasi oleh KJF BP4K Kota Tomohon masing-masing  HEYBERT ERING, SP (Koordinator) EMOR TULUNG,SP (Sekretaris). ISRAEL TIOW. SP, (anggota) FRANSYE NGANTUNG. SP (anggota), CAROLINA MAWUNTU,SP (anggota), HARRY KAUNANG,SP.(anggota)
 
Selesainya dialog rombongan   menuju ke lokasi pengolahan gula aren tradisional di perkebunan Pulisan Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan. Rombongan dapat melihat langsung prosesing pembuatan gula semut dari pemasakan nira sampai pada terbentuknya gula semut (palm suger). Peserta sangat terkesan dengan prosesing gula semut yang sangat sederhana yang dikerejakan oleh Bapak JEMMY ERING petani pengrajin aren.  
 
Selanjutnya rombongan menuju lokasi pembibitan aren dan di terima oleh JANTJE MAMOTO selaku ketua kelompok tani Wana Asri kelurahan Walian Satu Kecamatan Tomohon Selatan. Penyuluh Kehutanan HARRY KAUNANG,SP dan JAFFRAY  MONINGKA selaku penyuluh  pendamping kelompok Tani aren, memberikan penjelasan teknis pembibitan aren mulai dari pengumpuilan benih sampai pada bibit anakan yang siap tanam di lapangan. Sebagai souvenir rombongan juga membawa beberapa anakan aren nantinya akan di tanamam di Kab. Garut. Infoerick
 

0 komentar:

BERITA

TEKNOLOGI

GALERI. Diberdayakan oleh Blogger.